Senin, 18 Februari 2013

Siswa Terpilih Raih Prestasi




               Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Kefasihan dalam berbahasa Inggris mutlak diperlukan dalam dunia kerja yang dewasa ini makin kompetitif, oleh karena itu bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran penting yang mendukung prestasi siswa. Bahasa Inggris juga menjadi bagian dari ujian  nasional yang menentukan kelulusan peserta didik. Penyampaian materi, seminar, karya ilmiah, kejuaraan pidato dan debat dalam bahasa Inggris pun marak dilakukan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris siswa dan guru.
                Selasa, 25 September 2012, bertempat di Aula SMA N 3 Sukoharjo, diadakan Lomba Debat Bahasa Inggris SMA/SMK tingkat Kabupaten. Adapun SMKN 2 Sukoharjo diwakili oleh tiga siswa terpilih yaitu Amri Ihsan Al Amin dari kelas XI TKR A, Ridzwan Ramadhan dari kelas XI TKR D dan Riski Nurul C dari kelas X KI A. Di bawah bimbingan bapak Suparmin, S.Pd selaku guru bahasa Inggris dibantu oleh mahasiswa PPL, tim debat wakil SMKN 2 Sukoharjo melakukan persiapan untuk menghadapi tim debat lawan dalam lomba tersebut. Selama tiga minggu mereka mengumpulkan materi sesuai delapan tema yang akan diperdebatkan, melatih percakapan sekaligus memperluas kosakata untuk meningkatkan kemampuan ‘conversation’. Lomba Debat Bahasa Inggris tersebut diikuti oleh 20 tim dari SMA/SMK se-kabupaten Sukoharjo. Penentuan juara debat menggunakan sistem gugur dimana tim yang meraih nilai tinggi akan lolos ke babak berikutnya. Tim debat SMK N 2 Sukoharjo berhasil mengungguli lawan sebagai kubu positif tema efek televisi bagi remaja dan melaju hingga semifinal dan membawa pulang tropi juara III Lomba Debat Bahasa Inggris SMA/SMK tingkat Kabupaten.
                Prestasi membanggakan yang mengharumkan nama sekolah tersebut layak diacungi jempol mengingat kendala yang dihadapi dalam lomba. Persiapan yang kurang memadai dengan terlalu banyaknya tema yang harus disiapkan, perbendaharaan kata yang masih minim tak menyurutkan semangat dan keberanian tiga siswa terpilih untuk pertama kalinya mengikuti lomba debat bahasa Inggris. Penampilan mereka bertiga dinilai cukup baik mengingat kualitas peserta debat yang lebih tinggi dibanding peserta pada lomba debat sebelumnya. Bahkan ananda Amri Ihsan Al Amin dua kali dinobatkan sebagai ‘best speaker’ dalam lomba tersebut. Sebuah pencapaian melebihi harapan, membuktikan bahwa kurang pengalaman pun mampu bersaing jika disertai usaha, semangat, keyakinan dan doa yang sungguh-sungguh.
                “Mengejutkan,kami baru pertama ikut lomba langsung menjadi juara III”, demikian kesan Ridzwan, puas sekaligus masih tak percaya bisa membawa pulang Piala, piagam serta uang pembinaan. Keikutsertaan dalam lomba tersebut rupanya membawa kesan tersendiri bagi ketiga siswa wakil sekolah serta guru pendamping. Dengan mengikuti lomba, mereka menambah wawasan tentang bahasa Inggris komunikatif yang tentunya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, mengetahui kemampuan siswa SMKN 2 Sukoharjo dalam bahasa Inggris dibanding siswa sekolah lain yang tentunya bisa menjadi tolak ukur dalam lomba berikutnya. Dengan mengikuti lomba, akan muncul bibit-bibit baru pendulang prestasi, dengan harapan menjadi pengalaman berharga untuk meraih cita-cita, dan didukung sepenuhnya oleh sekolah dengan memfasilitasi siswa untuk mengembangkan talentanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar