Selasa, 19 Februari 2013

Raporku Hasil Belajarku


                Keseluruhan acara di penghujung semester gasal ini berlangsung dengan baik. Wali murid menerima laporan putra-putri mereka yang telah dipercayakan untuk dididik di SMKN 2 Sukoharjo. Tak sedikit pula dari wali murid yang hadir, turut berpartisipasi sebagai konsumen bazar yang dilayani oleh putra-putri mereka sendiri. Acara yang berakhir sekitar pukul 12.00 WIB ini mencerminkan sebuah interaksi positif antar stake  holder SMKN 2 Sukoharjo, demi perkembangan siswa menuju pribadi yang kompeten dan berjiwa wirausaha.




               Satu semester  telah dilalui dengan baik oleh siswa, dan kini saatnya wali murid memperoleh hasil belajar putra putri mereka selama kurang lebih enam bulan d SMKN 2 Sukoharjo. Sabtu, 15 Desember 2012, wali murid siswa kelas X, XI dan XII hadir di aula SMKN 2 Sukoharjo untuk menerima raport semester gas al tahun pelajaran 2012/2013. Pada kesempatan ini wali murid dapat secara langsung berkonsultasi dengan wali kelas perihal prestasi belajar maupun sikap dan kepribadian putra putri mereka di sekolah. Acara yang dimulai pukul 7.30 WIB ini dimulai dengan sambutan kepala sekolah bapak Drs. Sugiyarno, ST,M.Pd, dilanjutkan dengan pengambilan rapor dimulai dari kelas X, kemudian kelas XI dan terakhir kelas XII dengan selang waktu masing-masing kurang lebih satu jam.
                Meskipun pengambilan rapor dilakukan oleh wali murid, siswa-siswi SMKN 2 Sukoharjo tetap datang ke sekolah seperti hari-hari biasa. Keberangkatan mereka bukan saja untuk mengawal wali masing-masing, melainkan ikut terlibat dalam acara akhir semester ini. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler PKS, Tonsus, maupun OSIS bertugas mengatur parkir kendaraan, memberikan informasi kepada wali murid mengenai alur pembagian raport, membantu wali kelas dalam membagikan raport, sehingga acara bisa berlangsung dengan tertib dan lancar.
                Ada yang berbeda pada pembagian raport semester ini dibanding sebelumnya. Pembagian rapor yang biasanya bertempat di ruang kelas sesuai dengan kelas masing-masing, kali ini semuanya dilakukan di aula secara maraton dengan jam berbeda untuk masing-masing kelas. Penataan ruang tersebut bertujuan untuk mendukung kegiatan bazar yang diadakan oleh Bussines Center SMK Negeri 2 Sukoharjo. Bazar berupa sembako, alat tulis dan kebutuhan rumah tangga tersebut  dikoordinir oleh guru pengampu mapel kewirausahaan dan dilaksanakan sepenuhnya oleh siswa SMKN 2 Sukoharjo dari berbagai program keahlian. Melalui bazar ini, wali murid secara langsung melihat bagaimana putra-putri mereka dilatih berwirausaha sekaligus membeli produk-produk siswa SMK N 2 Sukoharjo. Melaui bazar ini, sekolah menunjukkan bahwa siswa tidak hanya mengasah keahlian sesuai dengan program studi masing-masing. Sekolah juga menanamkan jiwa wirausaha kepada siswa. Siswa dibekali dengan ketrampilan dalam bidang bisnis yang meliputi produksi, marketing, transaksi jual beli dan manajemen keuangan.
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar